Teori Evolusi (Pengantar)

Teori-teori Tentang Perkembangan Makhluk Hidup

Yang dimaksud teori evolusi :

-Makhluk hidup selalu mengalami perubahan-perubahan secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama sekali.
-Perubahan-perubahan ini mungkin berjalan jauh menyimpang dari struktur aslinya, sehingga timbullah spesies baru.
-Tumbuhan dan hewan yang ada sekarang ini, bukanlah makhluk-makhluk hidup yang pertama kali ada di bumi, tetapi berasal dari makhluk-makhluk hidup di masa-masa yang lampau.
Pengertian & Pembagian Evolusi

Evolusi –>   proses perubahan yang berlangsung sedikit demi sedikit dan memakan waktu yang lama.

Proses evolusi :

1.Proses evolusi progresif –> cenderung menuju pada survive
2.Proses evolusi regresif –> cenderung menuju pada kemungkinan punah (extinction).

Menurut Dobzhanky –> ahli genetika. Evolusi dibagi menjadi 3 :

1.Evolusi kosmik –> bahwa alam semesta tidak selamanya berada pada zaman seperti saat ini, tetapi merupakan hasil proses perubahan yang berlangsung berabad-abad.
2.Evolusi biologi –> bahwa makhluk hidup di muka bumi merupakan evolusi makhluk hidup sebelumnya.
3.Evolusi peradaban –> bahwa manusia mengalami evolusi yang berlangsung secara berlebihan berupa peradaban.
Evolusi Kosmik

Alam yang dikenal pada waktu ini adalah hasil dari proses pertumbuhan yang telah berlangsung selama beradab-abad. Pada mulanya para penganut faham atomis berpendapat bahwa sifat kimia & fisika dari benda-benda selalu berada di dalam keadaan seperti waktu ini. Telah diketahui pula sejak waktu itu bahwa benda2 terdiri dari atom dan dianggapnya bahwa atom tidak dapat berubah dan tidak dapat dibagi lagi. Pandangan kuno ini hanya sebagian saja yang benar, sebab para ahli fisika telah dapat menunjukkan bahwa atom masih terdiri dari bagian-bagian yang disebut proton, netron dan elektron. Telah dibuktikan pula terjadinya perubahan atom dari 1 elemen ke atom dari elemen lain. Menurut Teori kosmologi, atom berasal dari zat yang disebut ylem dan terjadinya atom karena adanya ledakan hebat yang terjadi 3 bilyun tahun yang lalu. Saat ini lah yang dicatat sebagai permulaan dari evolusikosmik. Setelah terjadi pembentukan atom, evolusi mengarah ke pembentukan galaksi dari awan-awan atom. Proses ini terjadi ± 3 bilyun tahun  yang lalu. Bintang-bintang, planet terbentuk di dalam galaksi. Dunia yang kita huni ini mungkin terbentuk dr.salah satu planet2 fsb,,jadi sedikit lebih muda dari terbentuknya alam raya. Para ahli geologi telah menunjukkan bahwa dunia mengalami perubahan-perubahan selama sejarah pertumbuhannya. Misalnya munculnya gunung yang kemudian lenyap lagi oleh adanya erosi. Juga perubahan-perubahan dari pantai dan dasar lautan.

Evolusi Biologi

Dunia yang kita diami ini hanya merupakan 1 titik di alam raya yang luas, meski demikian kita mengira bahwa hanya di bumi inilah terdapat kehidupan seperti yang kita kenal. Evolusi biologis menurut para ahli hanya pernah terjadi di bumi ini. Masalah tentang berapa tahun yang lalu kehidupan ini dimulai ® belum pernah terdapat kata sepakat. Fosil tertua yang patut dipercaya berumur 500jt tahun yang lalu. Fosil tsb berupa sisa-sisa organisme yang hidup di laut. Meski evolusi sudah harus terjadi sebelum waktu tersebut ® ternyata fosil organisme yang berumur lebih tua dari 500 jt tahun tidak pernah ditemukan. Mengapa? Hal ini disebabkan karena organisme pada permulaan evolusi organik (tan & hew) mungkin terlalu kecil, lembek untuk diawetkan sebagai fosil. Juga karena lapisan bumi pada lebih dari 500 jt tahun yang lalu telah diubah oleh panas dan tek. sehingga calon fosil akan rusak. Dengan alasan ini dapat disimpulkan bahwa mungkin kehidupan di bumi telah mulai lebih dari 500jt tahun yang lalu.

Fosil telah menunjukkan bahwa tumbuhan darat telah tumbuh ± 400 jt tahun yang lalu. Binatang darat mulai ada ± 300 jt tahun yang lalu. Vertebrata pertama ± 200 juta tahun yang lalu. Mamalia pertama 125 juta tahun yang lalu dan mereka menyebar ± 75 juta tahun yang lalu. Pada gambar 1 dan 2 dapat dilihat pembagian waktu secara geologis disertai dengan munculnya berbagai organisme yang dapat dilihat dari fosil-fosil yang sudah ditemukan.

Evolusi Manusia & Evolusi Peradapan

Dengan munculnya manusia, terjadilah evolusi ke-3 yaitu evolusi jiwa (spirit) manusia yang terjalin dengan latar belakang evolusi kosmik dan evolusi biologi. Dengan masuknya manusia ke dalam panggung evolusi tidak berarti evolusi kosmik dan evolusi biologi sudah berakhir, tetapi ke-3 evolusi ini berjalan dalam waktu yang bersamaan.

Anaximander (611-547SM) dari Yunani, yang pertama kali mengajarkan bahwa mh. berasal dari lumpur yang dipanasi oleh sinar matahari. Mula-mula muncul tan , kemudian hew. dan akhirnya muncul manusia. Tapi kemudian ia berfikir bahwa manusia tidak mungkin berasal dari lumpur, sebab bayi manusia yang baru dilahirkan tidak dapat mengurus dirinya sendiri. Sejak itu diketahui bahwa manusia adalah sesuatu yang unik jika dipandang dari sudut biologi. Dapat dimengerti bahwa manusia adalah hasil evolusi biologi dan evolusi yang ditempuh manusia tidaklah berbeda dengan evolusi dari organisme lain, hanya evolusi manusia telah berlangsung secara berlebihan. Manusia dapat menggunakan bahasa tertulis, dapat membedakan yang baik dan buruk, dst.

Anak-anak manusia mewarisi peradapan (kultur) dengan belajar dari manusia lain, tidak perlu dari masyarakat yang menurunkannya. Warisan biologi telah ditentukan pada waktu terjadinya pembuahan dan kurang lebih akan tetap demikian seterusnya. Warisan peradapan diperoleh sepanjang hidup, t.u. selama masa kanak-kanak dan masa muda. Tidak satu jenis binatangpun yang memiliki sesuatu yang mendekati peradapan manusia. Manusia menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar dengan memakai kepandaian, teknik, pengetahuan, dll yang dapat  disebut peradaban. Kemudian ternyata bahwa penyebaran peradapan lebih efisien dibanding penyebaran secara biologis. Mengapa? Karena penyebaran secara biologis hanya dapat diturunkan kepada keturunan-keturunannya langsung. Sebaliknya peradapan dapat disebarkan melalui percakapan, tulisan atau melalui beberapa orang tanpa memandang ada/ tidaknya hubungan langsung.

Pembagian Zaman

ZAMAN PERIODE KALA

Azoicum

(± 4700 jutatahun yang lalu)

Palaeozoicum

1.Cambrium (600 jutatahun yang lalu)
2.Ordovicium (500 jutatahun yang lalu)
3.Silur (420 jutatahun yang lalu)
4.Devon (410 jutatahun yang lalu)
5.Carbon (345 jutatahun yang lalu)
6.Peron (280 jutatahun yang lalu)

Mesozoicum

1.Trias (250 jutatahun yang lalu)
2.Jura (160 jutatahun yang lalu)
3.Creta (135 jutatahun yang lalu)

Caenozoicum

1.Tertier (10-3 jutatahun yang lalu)

1.Paleocen
2.Eocen
3.Oligocen
4.Miocen
5.Pliocen (3-o.o1 jtthvl)

2. Quarternair

1.Pleistocer
2.Holocom (0,01 jutatahun yang  – lalusekarang)

Skala Waktu dari Bumi

JT.TAHUN yl

ERA

KEJADIAN

4000

?

3000

Archeozoic

Evolusi kimia

2000

Archeozoic

Evolusi kimia

1000

Proterozoic

Palaeozoic

Mesozoic

Cenazoic

Evolusiorganik

Skala Waktu dari Kehidupan

Era (tahun) x 106

Periode

Epoch

Peninggalan

Prekambium

00

Lower, middle upper

Fosil sedikit dan tidak nyata

Paleozoic

510

450

350

315

255

205

Cambrium

Ordovisium

Silurium

Devonian

Carboniferous

Permian

Evolusikimia

Fosil vertebrata pertama (banyak)

Mesozoic

180

150

125

Triassic

Yurassic

Cretaceous

Reptilbanyakburung & mamaliamuncul

Cenozoic

Tertiary

Pleocene

Bocene

Oligocene

Miocene

Pliocene

Pleistocene

Recent

Mamal & burungbanyakdantanamanbunga

manusia

TeoriEvolusi Charles Darwin

1.Makhlukhidup yang adasekaranginiberasaldarimakhlukhidupdimasalaludenganmengalamievolusi.
2.Prosesevolusimakhlukhidupberlangsungsecarabertahapdalamkurunwaktu yang sangat lama.
3.Setiapmakhlukhidupberjuanguntukmenjagakelangsunganhidup (makan, tempathidup, dll) bagimakhlukhidup yang berhasil (menang) akantetaphidup(struggle for excistence).
4.Alammengadakanseleksiterhadapmakhlukhidup, hanyamakhlukhidup yang mampuberadaptasidenganlingkungannya yang akantetaphidup, sedang yang tidakmampuakanmusnah.

EkspedisiIlmiah Charles Darwin

1. Dilakukanselamabertahun-tahun.

2. Menggunakankapal “Beagle”.

3. DilakukanbersamaProfesorHenslow (botanicus) .

4. Membawabekalbukuberjudul :

a. “Zoonomiakaranganya Erasmus Darwin

b. “The Principles of Geology”karangan Charles Lyel.

c. ”An Essay on the Principles of Population as if Effect the Future Improvement of Society”karangan Thomas Robert Malthus.

5. MengarungilautAtlantik, lautTeduh.

6. Mengamatikeadaan geology, flora & fauna antara lain :

XKepulauan Cape Verde

X Argentina dan Chili

X Galapagos

Sumber : Bapak Drs. Sumanto (Dosen Evolusi FKIP Biologi UMS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s