Petunjuk Cara Membunuh Serangga (Sebelum diawetkan)

Serangga yang tertangkap hidup, harus segera dibunuh dengan berbagai cara.

  1. Dibius. Bagi serangga yang besar seperti kumbang, harus dibius dengan eter atau khloroform. Caranya, serangga dimasukkan ke dalam botol yang ditutup rapat, kemudian ke dalamnya dimasukkan kapas yang sudah dibasahi eter atau khloroform. Tunggulah beberapa menit, maka serangga akan mati.
  2. Dimatikan. Hal ini kita lakukan untuk jenis kupu-kupu. Dikerjakan satu demi satu, sebab sayap mudah rusak oleh gerakan meraka sendiri. Caranya, masukkan serangga ke dalam botol berisi serbuk KCN yang dicampur dengan serbuk gergaji, beberapa saat kemudian serangga akan mati.
  3. Ditekan. Caranya, tekanlah dibagian dada, dekat jantung serangga, sehingga mati, seperti halnya kupu-kupu.
  4. Dimasukkan. Caranya dengan hanya memabukkan, kemudian akan mati, yaitu diberi tembakau kasar ke dalam botol pembunuh, lalau ditutup.

Kita harus berhati-hati terhadap cara di atas, sebab uap zat racun tersebut dapat berbahaya terhadap si pelaku atau si pengumpul sendiri. Kadang-kadang di dalam botol pembunuh tersebut diberi awul-awul agar uap air yang ada dapat diserap oleh kayu serbuk tadi, atau kapur tohor yang dapat menghisap zat yang menguap seperti air dan lain-lain.

 

PUSTAKAAN

Handikastowo, dan Simanjuntak, Roni Hendrik.1996.Mengumpulkan dan Mengawetkan Serangga.Jakarta: PT Bhratara Niaga Media.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s