Cara Membuat Komik atau Manga bagian 1

Langkah pertama yang harus kita miliki dalam membuat komik atau manga adalah niat, he he he…

Dalam sekolah angan-angan Taro Kawaguchi ada tiga syarat untuk menjadi seniman manga, jika kau bukanlah seorang jenius.

Pertama, Kebanggaan (berpikirlah kau lebih baik daripada orang lain)

Kedua, Kerja keras (oh, kali ini sesuatu yang terhormat)

Dan terakhir yang ke tiga adalah Hoki/keberuntungan (poin ini berlaku bagi kita yang bertaruh, bukan jenius)

Sumber: Bakuman season 1 episode 4

Di jepang seorang mangaka (orang yang membuat manga/komik) secara manual membuat ilustrasi/gambar menggunakan pulpen-G dan pulpen Kabura.

Pulpen-G lumayan sulit digunakan, tidak semudah membuat garis dan menggambar dengan menggunakan pensil. Sesekali juga bisa menggunakan pulpen Kabura, pulpen ini lebih mudah digunakan dibandingkan dengan pulpen-G. Dengan pulpen-G kau tidak bisa memiliki kontrol akan ketebalan garis. Tapi dengan sebuah pulpen Kabura, sangat mudah membuat sebuah garis yang konsisten. Dengan sebuah pulpen-G, kau lebih memiliki kontrol pada intensitas dari garis. Tapi kekuatannya membuatnya mudah tersangkut di kertas. Ini benar-benar berbeda dari membuat sketsa dengan pensil, kemudian diwarnai setelahnya. Satu-satunya cara adalah berlatih sampai terasa sakit.

Kau dapat menggambar latar belakang dengan lebih baik menggunakan pulpen Kabura. Dan sebuah pulpen Maru dapat digunakan untuk garis yang sangat tipis.

Kalian tidak dapat membuat naskah manga/komik cukup bagus hanya dengan tunjangan latar belakang saja, tanpa menambah efek. Menggambar efek dapat menggunakan macam-macam penggaris tentunya.

Juga menggunakan kertas corak , memotongnya dengan pisau dan menempelkannya. Pada dasarnya, untuk membuat satu halaman naskah, kau perlu

Pertama, kau perlu membuat sketsa kasar pada kertas konsep berdasarkan name(sketsa kasar). Kemudian menambahkan karakter dan latar belakang dengan pulpen, kemudian kita akan mewarnai di bagian efek dengan kertas corak. Itu semua untuk menyelesaikan satu halaman, ya memang terlalu banyak. Rututan proses tergantung orang masing-masing, tapi secara dasar seperti itu.

Mudah untuk menggambar seorang yang diam. Tapi tanpa bisa membuat gerakan, ekspresi, dan membuat komposisi. Tanpa semua itu tidak akan menjadi seorang pro. Hanya duduk membicarakan mimpi kita takkan membuatnya nyata.

4 thoughts on “Cara Membuat Komik atau Manga bagian 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s