Evaluasi Pembelajaran (Biologi)

Evaluasi Pembelajaran

Tes (Test)
Tes merupakan salah satu cara untuk menaksir besarnya kemampuan seseorang secara tidak langsung, yaitu melalui respons seseorang terhadap stimulus atau pertanyaan (Jemari Mardapi, 2008)
Pengukuran (Measurement)
Dapat didefinisan sebagai proses penetapan angka terhadap individu atau karakteristiknya menurut aturan tertentu (Ebel &Frisbie, 1986)

Penilaian (Assessment)

Memiliki makna sebagai semua cara yang digunakan untuk menilai unjuk kerja individu atau kelompok (Griffin & Nix, 1991)

Agar berbagai keputusan pendidikan  merupakan keputusan yang bijaksana harus didasarkn atas informasi yang lengkap dan tepat. Untuk itu diperlukan pembuatan pengukuran dan penilaian pendidikan yang lengkap dan tepat.

 

A. Tujuan dan kegunaan penilaian pendidikan
Dapat dikaitkan dengan  perencanaan, pengelolaan,  proses,  dan tindak lanjut pendidikan baik yang menyangkut perorangan, kelompok maupun lembaga.
Menurut Thorendike dan Hagen (1977) dapat diarahkan ke 8 keputusan sebagai berikut:
1. Keputusan dalam bidang pengajaran
Yaitu keputusan yang berkenaan dengan apa  yang harus diajarkan atau harus dipelajari dan dipraktekkan oleh para siswa.
2. Keputusan tentang Hasil Belajar
Keputusan tentang hasil belajar adalah sejauh mana hal-hal yang diharapkan dikuasai oleh siswa telah benar-benar mereka kuasai. Selanjutnya, keputusan ini dipakai sebagai dasar untuk menentukan hal-hal lain seperti yudisium, kenaikan tingkat , kelulusan, indeks prestasi dsb.
3. Keputusan dalam rangka diagnosis dan usaha perbaikan
Dengan pengukuran dan penilaian pendidikan orang dapat mendeteksi dan mengidentifikasi kesukaran-kesukaran siswa dan selanjutnya melakukan usaha untuk membantu mengatasi kesukaran tersebut.

4. Keputusan berkenaan dengan penetapan

Informasi yang diperoleh dari pengukuran dan penilaian pendidikan dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan  perlakuan yang paling tepat bagi siswa, baik mengenai minat, kemampuan maupun melalui kelompokan setara.

5. Keputusan berkenaan dengan seleksi

Berdasarkan informasi yang diperoleh melalui pengukuran dan penilaian pendidikan orang dapat memilih bibit unggul dari para calon peserta suatu program.

6. Keputusan berkenaan dengan pelayanan bimbingan dan konseling

Agar bimbingan dan konseling yang diberikan sesuai dengan siswa yang bersangkutan, maka harus ada informasi yang tepat dan  lengkap tentang siswa tersebut.

7. Keputusan berkenaan dengan kurikulum

Informasi yang diperoleh melalui pengukuran dan penilaian pendidikan sangat diperlukan untuk evaluasi kurikulum.

8. Keputusan berkenaan dengan penilaian kelembagaan

Dalam banyak hal penilaian terhadap sesuatu lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh hasil belajar siswanya, yang informasinya diperoleh melalui pengukuran dan penilaian pendidikan.

skema evaluasi

Kegiatan evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan pengukuran tingkat kegiatan pembelajaran
Atau
panah
Suatu cara yang sistematis dalam menganalisis tindakan belajar dengan menggunakan bahan dan cara tertentu agar memperoleh hasil yang objektif.
Jadi diperlukan
panah

Alat ukur yang tepat

Pengertian tentang pengukuran dan evaluasi/penilaian

1. Pengukuran adalah usaha untuk mengetahui keadan sesuatu hal menurut apa adanya, yang biasanya dinyatakan dalam bilangan.
2. Evaluasi (penilaian) adalah pemberian makna hasil pengukuran dengan cara membuat perbandingan.
PENILAIAN/EVALUASI
Hasilnya
panah

Angka

Uraian tentang:
derajat kualitas
kuantitas
eksistensi keadaan
Yang diukur

Membandingkan dengan suatu patokan atau kriteria

Suatu usaha membandingkan hasil pengukuran terhadap suatu bahan pembanding atau patokan disebut Penilaian

PENDEKATAN DALAM EVALUASI HASIL BELAJAR

1. Prinsip integralitas
Tidak hanya
  • Konsep
  • Pengetahuan
  • Ketrampilan
Tetapi juga
  • Sikap
  • Minat
  • Apresiasi
  • Penyesuaian diri dsb.

2. Prinsip kontinuitas

Program evaluasi merupakan rangkaian bagan bimbingan pengalaman belajar. Maka guru diharapkan mampu membimbing pertumbuhan dan perkembangan anak didik

 3. Prinsip objektivitas

Hasil evaluasi yang terkumpul dapat ditafsirkan dengan jelas dan tegas.

Agar ketiga prinsip tersebut terpenuhi maka guru harus berorientasi pada:

1. Rumusan tujuan atau indikator pembelajaran  yang ditetapkan.

2. Rumusan tujuan atau indikator pembelajaran yang dapat memberikan gambaran yang jelas tentang keluaran yang diharapkan.

3. Alat evaluasi yang dipilih harus tepat sesuai dengan hal yang akan diukur.

4. Adanya kriteria skoring, petunjuk pelaksanaan dan perencanaan yang terjadwal.

Sasaran evaluasi adalah kepribadian siswa melakukan kegiatan belajar dalam situasi pembelajaran.

Penilaian hendaknya dapat mencerminkan status kompetensi atas penguasaan materi pembelajaran yang ditetapkan.

Alat pembanding hasil belajar dapat menggunakan PAN atau PAP (PAK)

Implikasi Pendekatan Penilaian

1. PAN menuntut agar para siswa belajar dengan motivasi tinggi dengan kelompok cukup besar.

2. PAP/PAK menuntut:

a. identifikasi tujuan pengajaran secara tuntas dan tepat;

b. penyelenggaraan program pembinaan dan pemerkayaan; dan

c. dukungan pengelolaan dan fasilitas yang memadai.

 1. Pendekatan Acuan Norma (PAN)

PAN ialah penilaian yang membandingkan hasil belajar siswa terhadap hasil belajar siswa lain dalam kelompoknya. Pendekatan PAN berorientasi kepada apa adanya. Hasil belajar siswa diterjemahkan ke dalam kurve normal. Dan selanjutnya masing-masing siswa terhadap teman-teman se-kelompoknya. Pendekatan ini disebut juga dengan pendekatan relatif.

2. Pendekatan Acuan Patokan/Kriteria (PAP/PAK)

PAP/PAK adalah pendekatan yang berorientasi kepada patokan (kriteria keberhasilan) atau “batas lulus” yang telah ditentukan terlebih dahulu. Pendekatan ini disebut juga pendekatan mutlak.

Semoga Bermanfaat, Salam Khayasar!….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s