Burung Pelikan

NAMA SPESIES

Nama Lokal    : Pelikan

Nama Latin     : Pelecanus conspicilatus

GAMBAR (FOTO)

Pelikan (Pelecanus conspicilatus) kecil

KLASIFIKASI

Kingdom         : Animalia

Phylum            : Chordata

Classis             : Aves

Ordo                : Pelecaniformes

Famili              : Pelecanidae

Genus              : Pelecanus

Spesies            : Pelecanus conspicilatus

DESKRIPSI

1. Habitat

Habitat hidup pelikan (Pelecanus conspicilatus) di daerah perairan, seperti dekat pantai, sungai dan tambak.

2. Morfologi

Pelikan (Pelecanus conspicilatus) mempunyai bulu lengkap dan paruh yang panjang. Hewan ini mempunyai sayap yang panjang, tipe jari rata dengan cakar runcing. Pelikan (Pelecanus conspicilatus) memiliki tipe kaki berenang palmata dan ekor yang pendek.

3. Ciri Spesifik

Pelikan (Pelecanus conspicilatus) mempunyai kantong khusus di bawah paruh, yang termasuk ke dalam burung famili Pelecanidae. Pelikan (Pelecanus conspicilatus) berenang dengan baik dengan tubuh pendek, kaki kuat dengan keempat jari-jari kaki berselaput seperti dalam semua burung ditempatkan dalam urutan Pelecaniformes. Ekor pendek dan persegi, dengan 20-24 bulu. Sayap panjang dan memiliki jumlah besar biasanya 30-35 sekunder penerbangan bulu.

4. Jenis Makanan

Pelikan (Pelecanus conspicilatus) termasuk burung karnivora. Jenis makanan terdiri dari ikan, tetapi mereka juga makan amfibi, crustasea dan pada beberapa kesempatan, burung-burung yang lebih kecil. Mereka sering menangkap ikan dengan memperluas kantong tenggorokan. Kemudian mereka harus menguras kantong di atas permukaan sebelum mereka dapat menelan.

5. Perkembangbiakan

Pelikan (Pelecanus conspicilatus) berkembangbiak dengan cara bertelur. Kopulasi berlangsung segera setelah mendapatkan pasangan dan berlanjut selama 3 hingga 10 hari sebelum telur dikeluarkan. Yang  jantan membawakan material pembuat sarang, lalu yang betina membentuk struktur sarang yang simpel dari material tersebut. Kedua induk, jantan dan betina, mengerami telur di atas atau di bawah kaki mereka. Semua spesies menelurkan setidaknya dua telur.

6. Perilaku

Pelikan (Pelecanus conspicilatus) menggosok bagian belakang kepala mereka pada kelenjar bersolek untuk menjemput sekresi yang berminyak, yang mereka transfer ke bulu mereka untuk tahan air itu. Spesies ini memiliki kehidupan sosial yang rumit, dalam perilaku perkawinan terutama. Sekelompok pelikan (Pelecanus conspicilatus) jantan mengejar satu pelikan (Pelecanus conspicilatus) betina di udara, di darat, atau di air dengan saling menunjuk atau menyentuhkan paruh mereka satu sama lain. Proses ini dapat diselesaikan dalam satu hari. Spesies yang bersarang di pepohonan memiliki cara yang lebih simpel, pelikan (Pelecanus conspicilatus) jantan mempromosikan diri mereka untuk yang betina.

Semoga bermanfaat, Salam Khayasar!….

One thought on “Burung Pelikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s