Lutung

NAMA SPESIES

Nama Lokal    : Lutung

Nama Latin     : Presbytis cristat

GAMBAR (FOTO)

Lutung (Presbytis cristat)kecil

KLASIFIKASI

Kingdom         : Animalia

Phylum            : Chordata

Subphylum      : Vertebrata

Classis             : Mammalia

Ordo                : Primates

Famili              : Cercopithecidae

Genus              : Presbytis

Spesies            : Presbytis cristat

DESKRIPSI

1. Habitat

Lutung (Presbytis cristat) hidup di hutan, terutama hutan hujan. Sehari-hari bergelayutan dan melompat dari satu pohon ke pohon lainnya.

2. Morfologi

Lutung (Presbytis cristat) mempunyai pola warna bagian ventral putih, ekor hitam dan bagian dorsal hitam. Spesies ini mempunyai ukuran tubuh yang proporsional karena antara ekstremitas depan dengan belakang ukurannya hampir sama, walaupun tangannya terlihat lebih pendek dari kakinya. Glandula mammalianya berjumlah sepasang terletak didaerah pectoral. Lutung (Presbytis cristat) memiliki tipe gigi bonodont karena termasuk hewan omnivora.

3. Ciri Spesifik

Lutung (Presbytis cristat0 berbadan langsing dan berekor panjang. Warna bulu (rambut) tubuhnya berlainan tergantung spesiesnya, dari hitam dan kelabu, hingga kuning emas. Jika dibandingkan dengan kakinya, tangan hewan ini terbilang pendek, dengan telapak yang tidak berbulu. Ukuran tubuhnya berkisar antara 40-80 cm, dengan berat 5-15 kg; pejantan berbadan lebih besar daripada betinanya. Tonjolan di atas matanya membedakan lutung dari famili dekatnya, surili.

4. Jenis Makanan

Lutung (Presbytis cristat) termasuk omnivora terutama makan dedaunan, buah-buahan dan kuncup bunga, makanan yang lain yaitu serangga. Bahan makanan yang cenderung keras ini bisa dicerna karena lutung memiliki empat kamar pada lambungnya.

5. Perkembangbiakan

Lutung (Presbytis cristat) berkembangbiak dengan cara beranak. Biasanya, Presbytis cristat beranak satu, dengan masa hamil tujuh bulan. Salah satu hal yang menarik dari hewan ini adalah anaknya yang berbulu keemasan, dan dipelihara oleh seluruh betina dalam kelompok. Seiring dengan bertambahnya umur, warna keemasan pada rambutnya ini akan semakin pudar berganti gelap hingga akhirnya mencapai dewasa pada umur 4-5 tahun. Hewan ini bisa hidup hingga 20 tahun

6. Perilaku

Lutung (Presbytis cristat) termasuk hewan siang (hewan diurnal), dan sangat aktif pada pagi dan sore hari. Hewan ini hidup bergerombol antara 5-20an yang dipimpin oleh seekor jantan. Suara pejantan ini sangat nyaring, ditujukan terutama untuk mengingatkan agar kelompok lain tidak memasuki wilayahnya.

Semoga bermanfaat, Salam Khayasar!….

One thought on “Lutung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s