Orang Utan

NAMA SPESIES

Nama Lokal    : Orang Utan

Nama Latin     : Pongo pigmaeus

GAMBAR (FOTO)

Orang Utan (Pongo pigmaeus)

KLASIFIKASI

Kingdom         : Animalia

Phylum            : Chordata

Subphylum      : Vertebrata

Classis             : Mammalia

Ordo                : Primates

Famili              : Hominidea

Subfamili         : Ponginae

Genus              : Pongo

Spesies            : Pongo pigmaeus

DESKRIPSI

1. Habitat

Orang utan (Pongo pigmaeus) ditemukan di wilayah hutan hujan tropis Asia Tenggara yaitu Borneo dan Sumatra (Indonesia), Malaysia. Mereka tinggal di pepohonan lebat dan membuat sarangnya dari dedaunan. Orang utan (Pongo pigmaeus) dapat hidup diberbagai tipe hutan, mulai dari hutan dipterokarpus perbukitan dan dataran rendah, daerah aliran sungai, hutan rawa iar tawar,  rawa gambut, tanah kering di atas rawa bakau dan nipah, sampai ke hutan pegunungan.

2. Morfologi

Orang utan (Pongo pigmaeus) mempunyai ukuran tubuh yang tidak proporsional karena ekstremitas depan lebih panjang ukurannya daripada yang bagian belakang. Orang utan (Pongo pigmaeus) tidak mempunyai ekor. Pola warna tubuh bagian ventral dan dorsal berwarna coklat. Glandula mammalia terletak didaerah pectoral. Tipe giginya bonodont karena termasuk omnivora.

3. Ciri Spesifik

Orang utan (Pongo pigmaeusmemiliki) tubuh yang gemuk dan besar, berleher besar, lengan yang panjang dan kuat, kaki yang pendek dan tertunduk serta tidak mempunyai ekor. Mereka mempunyai kepala yang besar dengan posisi mulut yang tinggi. Orang utan (Pongo pigmaeus) jantan memiliki pelipis yang gemuk. Telapak tangan mereka mempunyai 4 jari-jari panjang ditambah 1 ibu jari. Telapak kakinya juga memiliki susunan jari-jemari yang mirip dengan manusia.

4. Jenis Makanan

Meskipun orang utan (Pongo pigmaeus) termasuk hewan omnivora, sebagian besar dari mereka hanya memakan tumbuhan. Makanan kesukaannya adalah buah-buahan. Makanan lainnya yaitu daun-daunan, biji-bijian, kulit kayu, bunga dan tunas tanaman yang masih lunak. Selain itu, mereka juga memakan serangga dan hewan-hewan kecil seperti burung dan mammalia kecil.

5. Perkembangbiakan

Orang utan (Pongo pigmaeus) berkembangbiak dengan cara melahirkan atau beranak. Orang utan (Pongo pigmaeus) betina biasanya melahirkan pada usia 7-10 tahun dengan lam kandungan berkisar antara 8,5 hingga 9 bulan, hampir sama dengan manusia. Jumlah bayi yang dilahirkan hanya satu dan dapat hidup mandiri pada usia 6-7 tahun.

6. Perilaku

Orang utan (Pongo pigmaeus) dapat bergerak cepat dari pohon ke pohondengan cara berayun pada cabang-cabang pohon. Mereka juga dapat berjalan dengan kedua kakinya, tapi jarang sekali ditemukan. Orang utan (Pongo pigmaeus) dapat membuat panggilan jarak jauh yang dapat didengar dalam radius 1 km. Digunakan untuk mengawasi arealnya, memanggil betina, mencegah orang utan (Pongo pigmaeus) jantan yang lain mengganggu. Setiap petang, mereka membuat sarang di atas pohon.

Semoga bermanfaat, Salam Khayasar!….

One thought on “Orang Utan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s