Siamang

NAMA SPESIES

Nama Lokal    : Siamang

Nama Latin     : Hylobates syndactylus

GAMBAR (FOTO)

Siamang (Hylobates syndactylus) kecil

KLASIFIKASI

Kingdom         : Animalia

Phylum            : Chordata

Subphylum      : Vertebrata

Classis             : Mammalia

Ordo                : Primates

Famili              : –

Genus              : Hylobates

Spesies            : Hylobates syndactylus

 DESKRIPSI

1. Habitat

Siamang (Hylobates syndactylus) habitat hidupnya di hutan. Dapat ditemukan di Pulau Sumatera dan Semenanjung Malaya, dan secara luas didistribusikan dari hutan pada daerah lembah sampai ke hutan Montana.

2. Morfologi

Siamang (Hylobates syndactylus) mempunyai ukuran tubuh yang tidak proporsional karena ekstremitas bagian depan lebih panjang daripada bagian belakang. Spesies ini juga memilki pola warna bagian ventral hitam, ekor hitam dan bagian dorsal juga hitam. Glandula mammalia berada pada daerah pectoral berjumlah sepasang. Siamang (Hylobates syndactylus) mempunyai tipe gigi bonodont karena termasuk omnivora.

3. Ciri Spesifik

Siamang (Hylobates syndactylus) dapat berukuran dua kali lebih besar dari Gibbon lainnya, tingginya mencapai 1 meter dan beratnya 23 kilogram. Spesies ini adalah satu-satunya primata yang berada dalam genus Symphalangus. Siamang (Hylobates syndactylus) memiliki 2 ciri khas, pertama, jari-jari di masing-masing tangannya bersatu satu sama lain atau biasa disebut ”syndactylus”, kedua, adanya ”gular sac” (pada spesies jantan) yang terdapat di kantung tenggorokan yang dapat menimbulkan suara resonansi panggilan yang besar atau nyanyian pada Siamang (Hylobates syndactylus).

4. Jenis Makanan

Siamang (Hylobates syndactylus) termasuk omnivora. Mereka lebih suka memakan buah-buahan yang sudah matang dibandingkan yang belum matang dan daun yang muda ketimbang daun yang sudah tua. Mereka  juga suka memakan bunga-bungaan dan beberapa hewan yaitu  serangga.

5. Perkembangbiakan

Siamang (Hylobates syndactylus) berkembangbiak dengan cara beranak atau melahirkan. Hewan ini mampu melahirkan seekor anak setahun jika tidak ada gangguan disekitarnya. Namun, sekiranya terdapat gangguan habitat seperti penebangan hutan, kelahiran hanya berlaku tiga tahun sekali. Siamang (Hylobates syndactylus) jantan akan menjaga anak sebaik mungkin ketika ditinggal induk betinanya.

6. Perilaku

Siamang (Hylobates syndactylus) hidup berkelompok antara enam hingga tujuh ekor. Siamang (Hylobates syndactylus) jantan lebih besar dibanding betin dan bersikap agresif apabila diganggu. Jika ada bahaya, siamang (Hylobates syndactylus) betina akan mengeluarkan suara yang nyaring dan diikuti oleh yang jantan selama 3 hingga 15 menit. Siamang (Hylobates syndactylus) mahir bergelantungan. Siamang (Hylobates syndactylus) betina berjalan tegak dengan sebelah kaki depannya diangkat serta diletakkan di belakang kepalanya manakala siamang (Hylobates syndactylus) jantan berjalan dengan sokongan sepasang kaki depan. Spesies ini takut air. Biasanya mereka akan mencelupkan kaki depannya ke dalam air, kemudian menghisap air pada bulu kakinya itu sebagai minuman.

Semoga bermanfaat, Salam Khayasar!….

One thought on “Siamang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s