Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (Ikahimbi)

Penting bagi teman-teman mahasiswa Biologi untuk mengetahui apa itu Ikahimbi. Ikahimbi adalah singkatan dari Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia. Ikahimbi merupakan sebuah ikatan organisasi mahasiswa sejenis (IOMS) yang mewadahi seluruh Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) yang terdapat di seluruh Indonesia (ikahimbi.org). Ikahimbi dibentuk atas dasar keinginan bersama seluruh mahasiswa biologi di Indonesia untuk mengembangkan dan memajukan biologi serta untuk melaksanakan tridharma Perguruan Tinggi.

SEJARAH IKAHIMBI

Organisasi mahasiswa biologi tingkat nasional berdiri pada tahum 1993 dengan nama Ikatan Mahasiswa Biologi (IMABI). Kepengurusan IMABI berganti setiap dua tahun sekali. Selanjutnya pada bulan September 2001 di Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, IMABI berganti nama menjadi Jaringan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (JHMBI). Nama IMABI berganti menjadi JHMBI karena organisasi ini menyatukan mahasiswa Biologi di semua perguruan tinggi seluruh Indonesia melalui perantara himpunan mahasiswa biologi di setiap perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam perkembangannya, JHMBI terkedala berbagai permasalahan terutama komunikasi dan koordinasi. Selain itu, juga terjadi krisis kepemimpinan di pertengahan masa kepengurusan. Dari berbagai permasalahan yang timbul, muncul kesepakatan bersama untuk melaksanakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang dilaksanakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada tanggal 28 september – 01 Oktober 2003. Hasil dari pertemuan tersebut dianggap belum sempurna. Dengan nama “jaringan” belum ada kepemimpinan tunggal di dalam organisasi yang mengakibatkan kepemimpinan organisasi menjadi semu. Akhirnya dalam Munas III JHMBI (selanjutnya disebut Munas I Ikahimbi) tanggal 6-8 Desember 2006 bertempat di Universitas Mataram, JHMBI berganti nama menjadi Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (Ikahimbi) dengan dipimpin oleh seorang sekretaris jendral.

Pada Munas I Ikahimbi tersebut, terpilih Edi Arip Miharja (mahasiswa Departemen Biologi, Fakultas MIPA, Institut Pertanian Bogor, IPB) sebagai sekretaris jendral pertama untuk kepengurusan Ikahimbi periode 2005-2007. Pada periode tersebut, markas Ikahimbi bertempat di IPB.  Amanah sekjend Ikahimbi periode 2007-2009 ditunaikan oleh Saevul Amri (mahasiswa Biologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta) yang terpilih melalui Munas II Ikahimbi pada tanggal 5-6 Desember 2007 di Institut Pertanian Bogor. Amanah sekretaris jenderal periode 2009-2011 diemban oleh Machfud Efendi (mahasiswa Universitas Negeri Malang, Malang) yang terpilih pada Munas III Ikahimbi yang dilaksanakan pada tanggal 30 Desember 2009 – 5 Januari 2010 di Universitas Manado. Saat ini, amanah sekjend ikahimbi diemban oleh Kardi Sambanoa (Universitas Tadulako-Palu) yang terpilih pada Munas IV Ikahimbi yang dilaksanakan pada tanggal, 14 November – Minggu, 20 November 2011 di Universitas Tadulako, Palu.

Dalam menjalankan tugasnya Sekjend dibantu oleh oleh 3 wakil sekretaris jenderal, meliputi Wasekjend I yang mengkoordinasi Biro Sekretariatan dan Biro Keuangan, Wasekjend II membidangi Departemen Penalaran dan Keilmuan dan Departemen Penelitian dan Pengembangan, serta Wasekjend III untuk Departemen Kajian Strategi Kebijakan, Departemen Pengembangan Organisasi dan Kaderisasi serta Depertemen Jaringan Informasi dan Komunikasi.

VISI & MISI

Visi
Visi Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia adalah menjadi wadah kerjasama lintas kampus mahasiswa biologi Indonesia untuk mengoptimalkan potensi mahasiswa biologi Indonesia dan berperan aktif terhadap eksplorasi sumber daya alam dan konservasi lingkungan hidup dalam upaya mewujudkan Tridhrama Perguruan Tinggi.

Misi

  • Meningkatkan tanggung jawab mahasiswa biologi Indonesia dalam mengaplikasikan ilmu biologi sebagai pengetahuan dasar untuk mengeksplorasi sumber daya alam dan konvervasi lingkungan hidup
  • Mengembangkan wawasan ilmu biologi dalam bentuk kegiatan bersama dan pertukaran informasi antar fakultas/departemen/jurusan/program studi biologi.

Sumber: ikahimbi.org/profil.html

Semoga bermanfaat, Salam Khayasar!….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s