Kenali Siapa Diri Anda

Empat tipe kepribadian menurut Florance Littauer.

Keempat tipe kepribadian itu adalah sanguinis, koleris, plegmatis, dan melankolis. Secara teoritis, keempat tipe kepribadian itu, menggambarkan tentang watak seseorang dilihat dari ciri-ciri mendasarnya. Tetapi bukan berarti seseorang yang memiliki kepribadian sanguinis tidak memiliki kepribadian koleris, dan seterusnya, tetapi sangat memungkinkan jika seseorang memiliki semua watak kepribadian itu dalam dirinya, hanya saja tentu ada yang paling dominan di antara beberapa sifat dan kepribadian itu dalam dirinya, sehingga watak yang dominan itulah yang dijadikan sebagai penilaian , apakah anda sanguinis, koleris, plegmatis, atau melankolis.

a.      Sanguinis yang periang

Seorang sanguinis memiliki kepribadian yang menarik dan mempesona orang lain, sehingga dia disenangi teman-temannya. Dia akan selalu dikerubuti oleh para penggemarnya, karena sanguinis senang menghibur dan menyenangkan orang lain. Dia ingin selalu menjadi pusat perhatian orang lain (Florence Littauer).

Seorang sanguinis sangat ekspresif dan demonstratif. Dalam berbicara dia tidak mau hanya dengan mulut, tetapi dia akan menggunakan kedua tangannya untuk memperagakan.

Seorang sanguinis ingin mempertahankan dunia kanak-kanaknya, dengan alasan karena masa kanak-kanak adalah masa yang paling menyenangkan.

b.      Melankolis yang sempurna

Semua orang jenius punya watak melankolis. Penulis, pelukis, dan musikus biasanya orang yang berwatak melankolis, karena mereka dilahirkan dengan potensi jenius yang jika dimotivasi dan dikembangkan secara semestinya akan menghasilkan raksasa-raksasa. (Aristoteles)

Seorang melankolis sejati adalah seorang perfeksionis dan memiliki standar tinggi. Dalam mengerjakan sesuatu dia tidak memikirkan kapan pekerjaan itu akan selesai, tetapi dia akan berpikir sebaik apa pekerjaan itu dapat dia selesaikan. Kualitas selalu lebih penting daripada kuantitas. Jika orang seperti ini menjadi pimpinan, maka dia akan selalu menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan tepat waktu.

c.       Koleris yang kuat

Seorang koleris memiliki kekuatan, kemauan, dan kemampuan membuat keputusan yang cepat. Pada saat orang-orang lain tidak bisa menetapkan pikiran, orang koleris akan memutuskan dengan seketika.

Salah satu kelemahan orang koleris jarang populer karena kepastian dan sifat asertif mereka, membuat orang lainmerasa tidak aman dan kemampuan mereka memimpin, dengan mudah bia membuat mereka tampak sok berkuasa.

Jika watak-watak lainnya merasa gentar menghadapi musuh-musuhnya di lapangan, tetapi orang koleris justru menganggap musuh-musuh itu suatu mainan yang menyenangkan.

d.      Phlegmatis yang damai

Orang plegmatis sejati begitu menyenangkan, tidak ofensif, sangat rendah hati dan tidak mau mengangkat dirinya lebih tinggi dari orang lain. Dia menghadapi semua persoalan dengan tenang dan santai tanpa beban dan bertahap.

Salah satu ciri khas orang phlegmatis yamg mengagumkan adalah kemampuannya untuk tetap tenang meskipun berada dipusat badai. Kalau sanguinis populer menjerit, melankolis memberontak, orang koleris berlari, maka orang plegmatis tetap bersikap tenang.

Phlegmatis adalah sahabat karib bagi semua orang, mudah bergaul, rileks, tenang, kalem, punya keseimbangan yang baik, sabar, konsisten, menyenangkan dan selalu punya waktu bagi orang lain.

Untuk kekuatan dan kelemahan kepribadian (Segera!)

Semoga bermanfaat, Salam Khayasar!….

PUSTAKA :

Abidin, Munirul. 2010. Menjadi Kretif dengan Menulis. Malang: UIN-MALIKI PRESS.

3 thoughts on “Kenali Siapa Diri Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s