Pola Pikir yang Tepat untuk Menjadi Startup Founder

Untuk membentuk pola pikir yang tepat sebagai startup founder, ada beberapa topik yang harus dipahami yaitu:

Entrepreneurial Mindset

Untuk menjadi entrepreneur atau wirausahawan, harus bisa melihat peluang atau mengenali suatu produk baru. Kreativitas dan inovasi produk yang dibuat untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi orang setiap hari. Membuat sesuatu yang baru dan berbeda pasti dibutuhkan, peluang untuk memperbaiki kehidupan, meskipun ide tersebut terdengar mustahil atau gila, karena dalam berbisnis selalu ada resiko, tantangan, proses, dan waktu untuk menuju puncaknya yaitu sukses. Yang namanya sukses pasti perlu proses juga. Nikmati prosesnya dan jangan menyerah. Siap dan jangan takut gagal, kerjakan yang terbaik. Belajarlah pada orang yang sudah sukses dan jangan turuti kegagalannya. Yang tidak kalah penting diperlukan seorang Entrepreneur adalah praktek atau aksi nyata bukan hanya ide atau mimpi belaka.

Think Like a Founder

Sebagai seorang Founder, harus mampu melihat permasalahan disekitar kita dan menemukan solusinya. Dengan tujuan yang baik untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat setiap hari, sehingga mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Tanggapan positif dari masyarakat berarti berpengaruh terhadap banyaknya pengguna/konsumen terhadap produk yang dibuat. Jangan terburu-buru dalam membangun startup, mulai dari permasalahan sederhana ke permasalahan rumit.

Social Impact + Disruptive Information

Solusi yang ditawarkan harus bardampak positif bagi masyarakat, terbukanya lapangan kerja, meningkatkan perekonomian masyarakat dan negara. Banyak orang yang dapat kita bantu. Munculnya pasar baru baik produk jasa maupun informasi yang mampu menggantikan pasar-pasar yang sudah ada, sehingga memudahkan pengguna/ konsumen. Mudahnya informasi, karena jaringan yang terbentuk, aman dan terpercaya. Karena setiap tujuan baik akan membuka jalan-jalan kebaikan untuk mencapai tujuan tersebut.

Bold, Bright, and Brave: Stories of Building Dreams

Harus percaya diri dengan produk yang dibuat, berani dan jangan takut gagal untuk mencobanya. Bangkit dari kegagalan dengan keyakinan untuk terus maju. Sangat penting bagi founder untuk bertahan dalam tahap ini karena perjalanan dalam membangun sebuah Startup tidaklah selalu mulus, pasti akan ada masalah yang berdatangan dan semua itu harus kita pecahkan untuk terus berkembang dan meningkatkan kualitas produk yang dibuat, sehingga dapat menambah kepercayaan pengguna/konsumen/pasar. Secara otomatis banyaknya pengguna produk yang dibuat, akan menarik kepercayaan para investor, dan pendanaan akan bertambah.

Collaborate to Create Innovation

Kolaborasi atau membentuk tim dalam membangaun Startup sangat penting, karena bersifat saling melengkapi dan beban yang dipikul menjadi ringan. Misal founder adalah seorang developer atau bagian teknik, maka akan membutuhkan seorang yang ahli dalam bisnis untuk mengetahui produk yang akan dibuat bisa diterima di pasar dan dapat memprediksikan siapa saja pengguna/komsumen yang dituju. Selain itu juga membutuhkan bagian desain tidak kalah penting, untuk mengemas produk yang akan dibuat sehingga terlihat menarik dan informatif untuk calon pengguna/konsumen. Dalam membentuk tim atau kolaborasi seorang founder harus bisa mengomunikasikan produk yang dibuat secara internal dengan timnya dan tidak bersikap egois, mau menerima kritik dan saran yang membangun dalam tim dan produknya. Memahami pembagian tugas yang jelas antara bagian teknik, bisnis, dan desain. Saling percaya anggota tim dengan pembagian tugas yang ada, bukan berarti tanpa adanya kritik dan saran. Dalam kolaborasi perlu untuk komunikasi, komitmen, dan konsisten.

CONTACT:

EMAIL: khayasar@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s